Flash Fiction Is


Flash fiction adalah salah satu bentuk karya sastra yang sangat pendek. Belum ada ketentuan resmi untuk batasan atau jumlah katanya. Tapi umumnya antara 250-1000 kata. Ada yang menyebutnya ‘cerita mini’.

Dalam flashfic, unsur intrinsik atau elemen-elemen cerita (penokohan, setting, amanat, konflik dll)  lebih banyak yang tersirat tanpa tersurat dan pemilihan kata-kata pada flashfic juga harus efektif dan tepat guna agar mendukung batasan yang ditentukan.

Agak susah-susah gampang untuk membuat flashfic. Kebanyakan flashfic yang saya temukan itu adalah berbahasa inggris. Mungkin dikarenakan penggunaan bahasa inggiris yang lebih efisien. Contoh; ‘adalah’=‘is’; ‘menggunakan’=‘use’; ‘saya’=‘i’; ‘mengerjakan’=‘do’. Lebih mudah diterapkan untuk pembuatan flashfic.

Flashfic memang didesain untuk di-publish di dumay (read: dunia maya), tapi kini kumpulan flashfic yang dibukukan telah banyak yang beredar di pasaran. Singkatnya, flashfic bisa menjadi satu alternatif bacaan gratis di internet yang tidak menguras waktu untuk membacanya.