Flash Fiction Is


Flash fiction adalah salah satu bentuk karya sastra yang sangat pendek. Belum ada ketentuan resmi untuk batasan atau jumlah katanya. Tapi umumnya antara 250-1000 kata. Ada yang menyebutnya ‘cerita mini’.

Dalam flashfic, unsur intrinsik atau elemen-elemen cerita (penokohan, setting, amanat, konflik dll)  lebih banyak yang tersirat tanpa tersurat dan pemilihan kata-kata pada flashfic juga harus efektif dan tepat guna agar mendukung batasan yang ditentukan.

Agak susah-susah gampang untuk membuat flashfic. Kebanyakan flashfic yang saya temukan itu adalah berbahasa inggris. Mungkin dikarenakan penggunaan bahasa inggiris yang lebih efisien. Contoh; ‘adalah’=‘is’; ‘menggunakan’=‘use’; ‘saya’=‘i’; ‘mengerjakan’=‘do’. Lebih mudah diterapkan untuk pembuatan flashfic.

Flashfic memang didesain untuk di-publish di dumay (read: dunia maya), tapi kini kumpulan flashfic yang dibukukan telah banyak yang beredar di pasaran. Singkatnya, flashfic bisa menjadi satu alternatif bacaan gratis di internet yang tidak menguras waktu untuk membacanya.

ANI LESTARI